5 Langkah Sebelum Membeli Sepeda Motor Bekas

Adanya kebutuhan akan kendaraan bermotor menyebabkan permintaan motor bekas sebanding dengan motor baru. Banyak lembaga perkreditan yang menawarkan kemudahan buat bawa kembali motor tanpa wajib melunasinya terlebih dahulu. Perihal yang sangat normal apabila kita merasa bingung kala kita mau membeli motor bekas. Ketakutan terbanyak hendak terus membayang-bayangi, memperoleh benda yang kurang sesuai sehabis transaksi, penipuankualitas barang tidak sesuai dengan yang kita inginkan sehingga kita mengeluarkan uang dengan sia sia. Sebaliknya apabila kita membeli suatu kendaraan bekas, hingga kita wajib betul- betul cermat dalam memilihnya.

Namun, membeli sepeda motor bekas atau seken sangat penting di pertimbangan khusus dan ketelitian. Jangan sampai menyesal kemudian hari karena kondisi sepeda motor yang Anda beli ada yang rusak atau turun mesin tidak sesuai yang diharapkan.

Tentunya ada bagian-bagian dari sepeda motor yang harus diperiksa dengan seksama jika ingin menebus motor bekas yang masih layak dipakai. Kalau bisa mendapat unit yang masih segar, tentu akan lebih baik karena biaya yang dikeluarkan untuk servis akan lebih sedikit murah.

Oleh sebab itu, saat sebelum membeli motor bekas baik itu dengan sistem kredit maupun tunai terdapat baiknya Anda simak beberapa tips atau langkah berikut ini, yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan motor bekas berkualitas dan masih layak dipakai.

Isi Kantong

Hal pertama yang harus perhatikan sebelum membeli motor bekas dan juga paling penting dari membeli sebuah motor bekas adalah isi kantong Anda atau keuangan yang Anda telah persiapkan. Alangkah lebih baiknya untuk menyesuaikan kemampuan Anda dengan harga jual dari motor bekas yang dinginkan. Apabila kenyataannya Anda hanya memiliki uang sebesar 5 juta, maka jangan mengincar motor yang harganya diatas 5 juta, yang mana tidak mungkin untuk dibeli walaupun terjadi proses tawar menawar itu sudah lumrah dikalangan makelar. Oleh karena itu, bijaklah dalam mencari motor yang sesuai dengan budget dan sesuai kantong yang sudah disiapkan.

Tentukan Fungsi dan Tujuan Anda dari Pembelian Motor Bekas

Setelah dari sisi budget yang telah dipersiapkan, selanjutnya Anda harus memikirkan tujuan dalam membeli motor bekas tersebut. Kamu wajib mengenali, buat apa motor bekas ini kala nantinya sudah dibeli. Untuk dipakai berbisnis menarik ojek online, Dibuat sehari-hari, atau hanya untuk hobi Anda mengoleksi sepeda motor. Tentukan fungsi dan tujuan dari membeli motor bekas tersebut.

Pilih Jenis Motor Sesuai Yang Anda Inginkan

Setelah mengetahui budget yang disiapkan, dan tujuan dari pembelian motor bekas, selanjutnya menentukan jenis motor yang akan dibeli. Banyaknya jenis motor yang Anda harus memilih mana yang harus dibeli mulai dari motor matic, bebek, sport hingga motor offroad. Sesuaikan motor yang harus Anda beli tentunya sesuai kantong yang sudah disiapkan. Pastinya Anda menginginkan motor bekas, murah, dan masih layak pakai serta cocok apabila dibawa berkendara untuk menemani aktivitas sehari-hari Anda.

Cari Tahu Spesifikasi Motor yang Anda Inginkan

Apakah Anda Sudah memiliki pilihan motor bekas yang akan Anda beli? Bila sudah, saat ini bisa mulai mencari spesifikasi lengkap dari motor yang diincar. Carilah sedetil-detilnya supaya tidak menyesal setelah Anda membelinya. Yang harus dan penting mempertimbangkan CC, kemampuan motor, kelebihan, kekurangan, semua onderdil yang berkaitan erat dengan kendaraan bermotor. Motor ini boros ataupun irit, enak dikendarai ataupun tidak serta lain sebagainya. Contohnya Anda dapat menemukan berbagai merk dari segala macam jenis kendaraan motor, mulai dari positif hingga yang negatif juga ada.

Riwayat Kendaraan Haruslah Baik

Sehabis seluruh beres serta pula sudah mencari penjual yang mempunyai motor bekas cocok dengan kondisi keuangan yang disiapkan, maka sekarang saatnya melihat histori dan riwayat motor bekas yang mau Anda beli. Yakinkan motor bekas tersebut tidaklah motor bodong, motor sitaan, motor yang lagi dijaminkan, ataupun juga motor orang lain. Pastikan juga apakah motor tersebut pernah mengalami kecelakaan dan kerusakan yang cukup parah atau orderdil yang tidak orsinel. Apabila pernah, maka lebih baik Anda survei penjual yang lain dengan riwayat motor yang lebih baik. Tetapi apabila tidak, Kamu wajib dapat menerima konsekuensinya apabila Kamu mengambil motor tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *