5 Manfaat Garam Epsom bagi Kesehatan

garam epsom

Bagi Anda yang suka berendam di bath bomb atau air hangat, tentunya sudah tidak asing dengan jenis garam yang satu ini. Ya, garam epsom memang sering dimanfaatkan untuk membuat badan lebih rileks usai berendam. Nyatanya, garam jenis ini ternyata juga mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Lebih jelasnya, berikut ini manfaatnya.

1. Meningkatkan Performa Olahraga

Seringkali, seorang atlet akan mengkonsumsi suplemen magnesium sebelum melakukan olahraga. Hal ini tidak lain bertujuan untuk mengurangi pembentukan asam laktat yang terjadi pada otot yang bisa menyebabkan kelelahan.

Selain menggunakan suplemen magnesium, Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan menggunakan garam jenis epsom. Sebab, garam ini mempunyai kandungan magnesium juga.

2. Mengurangi Stres

Manfaat garam epsom bagi kesehatan yang kedua adalah mengatasi stres. Ya, kandungan magnesium pada garam jenis ini akan membantu dalam memproduksi zat kimia yang ada di dalam otak, termasuk salah satunya berperan dalam mengatur kualitas tidur, mood dan juga stres.

Berdasarkan hasil studi yang pernah dilakukan, kadar magnesium yang relatif rendah bisa mengurangi kemampuan tubuh untuk menghadapi stres. Oleh sebab itu, meluangkan waktu dengan berendam menggunakan garam jenis epsom dipercaya bisa membantu menyerap kadar magnesium lewat kulit. Sehingga tubuh akan menjadi lebih rileks.

3. Mengurangi Nyeri Otot

Salah satu kegunaan magnesium di dalam tubuh adalah menjalankan fungsi otot dengan baik. jika kadar magnesium di dalam tubuh menurun, otot tidak akan berkontraksi dan berelaksasi dengan benar. Alhasil, terjadi nyeri dan juga kram otot.

Selain membuat pikiran lebih rileks, berendam dengan garam jenis epsom ternyata juga berguna untuk mengatasi masalah otot. Akan tetapi, belum ada penelitian yang mengkaji lebih lanjut mengenai manfaat garam epsom yang satu ini.

4. Membantu Mengatasi Sembelit

Faktanya, banyak obat pencahar yang mengandung magnesium di dalamnya. Hal ini tidak lain karena mineral yang satu ini memang bisa membantu mengatasi masalah sembelit dengan cara menarik air ke dalam feses. Dengan begitu, feses akan jauh lebih lunak. Sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Untuk caranya sendiri, Anda bisa mencampurkan 10 hingga 30 gram gram ke dalam 250 mL air. Meski begitu, perlu diketahui bahwa belum ada bukti ilmiah yang bisa menjelaskan bahwa garam jenis epsom bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah sembelit jika dikonsumsi.

5. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Seperti yang diketahui, magnesium memang salah satu mineral penting untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Kandungan magnesium sulfat yang terdapat pada garam ini juga bisa memberikan efek yang sama.

Anda hanya perlu keramas dengan campuran shampo dan juga garam ini guna meningkatkan sirkulasi darah yang ada di kepala. Dengan begitu, kulit kepala dan rambut akan jauh lebih lembab.

Demikianlah lima manfaat dari garam epsom bagi kesehatan. Meski mayoritas belum teruji secara klinis, namun, sudah ada banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan garam jenis ini untuk mengatasi masalah-masalah di atas. Bagi Anda yang tertarik dengan informasi kesehatan lainnya, Anda bisa membacanya secara langsung di website Orami Magazine.

5 Manfaat Garam Epsom bagi Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas