5 Peluang Kerja Saat Anda Kuliah Animasi

5 Peluang Kerja Saat Anda Kuliah Animasi

Bagi para pecinta film animasi, pastinya terlintas untuk terjun dalam penggarapan film animasi tersebut. Jika Anda ingin cita-cita itu terwujud, Anda hanya perlu mengikuti kuliah animasi yang saat ini sudah ada banyak peminatnya.

AnimasiĀ  merupakan film yang unik karena membutuhkan banyak kreativitas. Awalnya, penggarapan film animasi tetap menggunakan cara yang sederhana karena keterbatasan teknologi.

Namun berkat kemajuan teknologi, animator kini dapat berkreasi dengan mudah. Bahkan, mereka bisa menciptakan karya yang benar-benar terlihat seperti kehidupan nyata. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik dengan perkuliahan tentang animasi.

Peluang Kerja Lulusan Jurusan Animasi

Memilih kuliah animasi adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang kreatif karena dapat Anda gunakan untuk bekerja dan menghasilkan uang. Berikut beberapa peluang kerja untuk lulusan jurusan animasi.

  1. Animator

Profesi terpenting adalah menjadi seorang animator. Berkat keterampilan animasi Anda, Anda dapat bekerja dari rumah produksi. Pendapatan yang dihasilkan para animator juga cukup menggiurkan. Seorang animator pemula bisa menghasilkan gaji Rp, 3 jutaan di awal. Tentunya, gaji ini dapat terus meningkat seiring waktu dan pengalaman Anda.

Menariknya, Anda berkesempatan mendapatkan beasiswa di luar negeri karena banyak yang menawarkan beasiswa untuk fakultas ini. Padahal, jika memang ingin menjadi seorang animator profesional, kamu juga bisa bekerja di luar negeri.

  1. Desain Karakter

Karakter adalah yang terpenting dalam film animasi. Untuk menciptakan karakter yang lengkap seperti ekspresi wajah dan baju yang Anda kenakan, Anda membutuhkan jasa orang yang ahli di bidangnya. Pekerjaan ini cukup rumit karena Anda perlu memperhatikan setiap detail yang dibuat. Inilah yang membuat gaji seorang desainer karakter cukup mahal. Penghasilan dari membuat desain karakter mulai dari 4 juta.

  1. Komikus

Tawaran pekerjaan lain yang mungkin untuk spesialis animasi adalah menjadi seniman komik. Komik adalah bahan bacaan yang populer karena menampilkan gambar-gambar yang menyenangkan dan keren.

Peluang Anda untuk bergabung dengan penerbit buku komik cukup tinggi mengingat kemampuan Anda. Anda juga dapat membuat platform Anda sendiri untuk membuat karya Anda sendiri. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan penghasilan dari pekerjaan.

  1. Desainer Visual Efek

Efek merupakan bagian penting dari sebuah film, baik animasi maupun non-animasi. Dalam film animasi, efek dapat membuat tampilan film menjadi nyata, sehingga memukau penontonnya. Di bidang animasi Anda akan belajar bagaimana merancang efek visual, untuk menguasai pengetahuan ini Anda juga akan berkesempatan untuk menjadi seorang desainer efek visual.

  1. Background Artis

Membuat film animasi membutuhkan ketelitian dan detail yang sangat tinggi. Untuk menciptakan suasana yang sesuai dengan situasi yang disajikan dalam film, Anda juga perlu memberikan background yang sesuai. Membuat background ini membutuhkan kreativitas dan detail yang rumit, sehingga butuh proses yang cukup memakan waktu.

Kursus Animasi di International Design School

Selain memilih kuliah jurusan animasi, ada baiknya Anda juga menambah ilmu pengetahuan dengan mengikuti kursus di International Design School (IDS) yang mengadakan kelas short course animation dalam dua tingkatan, kelas basic dan kelas advance.

Kelas basic akan mengajarkan Anda untuk mempraktikkan pembuatan modeling berbagai benda, khususnya hard surface. Sedangkan kelas advance berisi kelas pembuatan animasi yang kompleks. Mulai dari texturing, rendering hingga materi yang lebih mendalam lagi.

Untuk harganya sendiri mulai dari Rp. 7,35 juta untuk kelas basic dan juga Rp. 13,35 untuk dua kelas sekaligus. Kursus animasi tersebut, akan berisi 16 kali pertemuan tiap senin dan rabu.

Itu dia beberapa peluang yang bisa Anda dapatkan setelah lulus kuliah animasi. Selain itu, untuk memperdalam keilmuan Anda, tidak ada salahnya untuk mengikuti kursus animasi di IDS, yang menggunakan tenaga pengajar berkompeten.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *