Saat Pandemi Ada 8 Tips Merawat Rumah di Musim Hujan Agar Semakin Betah

tips merawat rumah di musim hujan

Saat rumah di musim penghujan tentunya sangat meresahkan bukan? Bagi yang tinggal di daerah rawan banjir apalagi, pastinya sejumlah langkah juga sudah ditempuh untuk menghindarkan rumah dari banjir. Eitss bukan hanya rumah yang rawan banjir yang harus waspada, tetapi rumah pada umumnya juga banyak yang harus diperhatikan loh karena bisa jadi rumahmu mengalami kebocoran, kemudian lembab, dan lain sebagainya. Oleh karena itu kamu butuh sejumlah tips merawat rumah di musim hujan agar kamu tidak bingung dikala kondisi yang meresahkan tersebut datang menghampiri.

Tips merawat rumah di musim hujan bukan hanya akan membuat rumah kamu menjadi homey dan bersih ketika ditempati. Tetapi juga mampu memastikan bahwa tidak ada penyakit yang bersarang di berbagai sudut rumahmu. Maka kamu harus melakukan pembersihan dan pembasmian rutin agar terhindar dari kondisi tersebut.

8 Tips Merawat Rumah di Musin Hujan dan Pandemi

Musim hujan dan pandemic merupakan sebuah momok yang harus semua orang waspadai. Dimana kita dipaksa untuk sosial distancing sekaligus menangani berbagai masalah yang terjadi dikala musim hujan. Tentunya masalah yang harus kita tangani terlebih dahulu adalah yang ada di rumah kita, lokasi paling tepat untuk sosial distancing. Namun saat musim hujan ada saja masalah di rumah seperti atap bocor, kemudian furniture rusak akibat rumah lembab, dan sebagainya. Nah berikut ini kamu bisa terapkan di rumah kamu tips merawat rumah di musim hujan agar tercipta rumah bersih, kemudian homey dan bikin betah selama pandemic.

  • Memerika Kondisi Atap Rumah

Saat musim hujan tentunya hal pertama yang menjadi perhatian kita adalah atap rumah. Dimana harus kita lakukan inspeksi untuk memastikan tidak ada yang bocor. Jika bocor terjadi tentunya akan merusak plafon rumah kamu dan bisa juga merambat merusak furniture rumah. Ada baiknya setiap memasuki musim penghujan berikan lapisan antibocor ke keseluruhan atap, biasanya lapisan tersebut berupa cat sehingga sangat mudah diaplikasikan.

  • Memastikan Dinding Terbebas dari Jamur

Dinding rumah juga rawan mendapat rembesan air hujan. Apabila terjadi tentunya akan merusak dinding rumah baik itu catnya dan membuat dinding rumah menjadi lembab serta berjamur. Kondisi ini akan membuat ruangan pengap dan berbau sehingga harus diatasi dengan memperbarui cat dinding rumah dengan antijamur dan antiair.

  • Lindungi Furniture dari Kayu

Jika rumahmu rawan banjir alangkah baiknya memindahkan furniture dari kayu ke lantai dua rumahmu agar lebih aman. Karena kayu jika terkena air maka akan mudah lapuk dan tentunya akan membuatnya rusak. Namun apabila tidak tersedia tempat yang lebih tinggi kamu bisa melindunginya dengan jalan memberikan lapisan pernis dengan tujuan agar lebih tahan terhadap air.

  • Memeriksa Kelistrikan

Saat hujan instalasi listrik juga perlu kita berikan perhatian, tentunya jika ada kabel yang kondisinya terbuka akan bisa menimbulkan korsleting dan apabila terkena air lebih lanjut akan terjadi kebakaran. Jika saat kamu periksa ada yang terbuka kamu bisa menutupnya dengan lapisan selotip dengan begitu air tidak akan mengenai bagian tersebut.

  • Memeriksa Kembang Biak Nyamuk

Saat musim hujan tentunya kembang biak nyamuk akan merajalela. Maka dari itu kamu harus selalu rajin membersihakn keseluruhan rumah baik yang ada di dalam maupun luar. Pastikan tidak terdapat air yang tergenang, wadah yang berisi air dalam kondisi terbuka, dan rajin membersihkan bak mandi agar terhindar kamu dari berbagai penyakit dan daya tahan tubuh yang turun.

  • Membereskan Tanaman

Tanaman yang tinggi aliyas pohon juga perlu dirapikan untuk menghindari potensi pohon tumbang dan jadi tempat nyamuk berkembang. Namun jangan sampai menghabiskannya ya agar air hujan masih mungkin terserap akar pohon.

  • Menyediakan Sandal Saat Beraktifitas di Rumah

Lantai rumah harus terjaga kebersihannya selama musim hujan, salah satunya bisa kamu tempuh dengan menggunakan sandal bersih ketika di rumah. Yang perlu kamu lakukan adalah tidak memasukkan sandal luar ke dalam rumah, segera cuci kaki ketika sampai di rumah, dan menggunakan sandal ketika di dalam. Hal tersebut akan meminimalisir kotoran pada lantai rumah.

  • Sediakan Rak Untuk Menaruh Barang dari Luar

Hindari memasukkan barang dari luar ke dalam rumah ketika kondisinya basah. Taruhlah pad arak yang sudah disediakan, hal ini akan membuat rumah jauh dari becek dan tetap kering. Barang-barang tersebut diantaranya paying, kemudian sepatu, jaket, dan lain sebagainya.

 

Selalu ciptakan rumah yang membuat kamu betah di rumah selama musim hujan dan pandemi. Kamu bisa menerapkan semua tips merawat rumah di musim hujan agar kondisi tersebut bisa kamu dapatkan. Dan jangan lupa alangkah baiknya juga jika kamu memakan makanan sehat yang dimasak sendiri selama di rumah agar daya tahan tubuh bisa dijaga baik dari dalam dan luar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *