Sebelum Pasang Instalasi Pipa Air Panas, Simak Hal Berikut!

Sebelum Pasang Instalasi Pipa Air Panas, Simak Hal Berikut

Instalasi pipa air panas tentu saja dibutuhkan untuk mengaliri air hangat pada rumah tangga maupun industri. Nah dalam prosesnya pemasangan pipa untuk saluran air panas tentu saja berbeda dengan pipa saluran air dingin. Ini karena pada pipa untuk air panas basah dialiri air panas dengan kekuatan suhu yang tinggi.

Hal Penting Ketika Instalasi Pipa Air Panas

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat instalasi pipa untuk air panas. Ini membantu untuk instalasi pipa pada air panas yang lebih sempurna.

  • Menentukan titik keran, untuk instalasi pipa air panas dibutuhkan menentukan titik karangan terlebih dahulu. Menentukan titik keran ini dengan cara mencari titik terdekat dengan pemanas air. Setelah sudah menemukan titik kerannya maka anda bisa menentukan pula jumlah pipa untuk air panas yang dibutuhkan. Tidak hanya jumlah pipa saja dari sini juga Anda sudah bisa menentukan berapa jumlah keran yang akan dipakai.
  • Menggunakan pipa khusus, Anda harus tahu bahwa pipa yang dibutuhkan untuk saluran air panas tentu berbeda dengan pipa air dingin. Untuk pipa air panas sendiri dibutuhkan pipa dengan material berbahan polimer. Polimer ini berbahan plastik tapi sangat tahan terhadap suhu panas dan punya bentuk yang elastis. Bentuk elastis ini membuat pipa meski dialiri air bersuhu sangat panas, bentuknya tidak akan berubah. Di zaman dahulu menggunakan pipa untuk air panas lebih banyak dari material tembaga, Nmmun ternyata pipa dengan bahan polimer lebih unggul. Pipa berbahan tembaga umumnya mudah sekali berkarat dan biaya perawatannya juga tinggi.
  • Peletakan water heater, penempatan water heater juga harus selalu diperhatikan karena tidak boleh terlalu jauh dari jangkauan anda. Water heater sendiri diletakkan minimal satu setengah meter dari lantai kamar mandi. Hal ini membantu agar nantinya ketika terjadi masalah pada water heater tidak akan susah untuk melakukan pembongkaran karena tempatnya mudah dijangkau.
  • Perhatikan perpipaan yang dibutuhkan, setelah anda sudah mengetahui titik keran, bahan pipa, Anda juga harus tahu dan memperhatikan detail pada produk perpipaan yang dibutuhkan. Ketahui detailnya mulai dari pipa, fitting, dear, lemnya dan masih banyak lagi. Usahakan perhitungannya sudah presisi dan tepat serta akurat agar pemasangan pipa lebih mudah dilakukan. Jika Anda memang tidak punya skill di bidang perpipaan maka hal ini bisa anda tugaskan pada tukang pipa. Tukang pipa tentu lebih paham dan handal mengenai produk perpipaan yang dibutuhkan baik untuk air panas maupun air dingin.

 

Nah ini tentu anda sudah tahu bagaimana instalasi untuk pipa air panas yang baik pada saluran air panas di rumah. Untuk pipa berkualitas pada saluran air panas Anda bisa memilih dari merek Rucika yaitu pipa Kelen Green. Pipa ini dibuat dari bahan polimer atau bahan plastik khusus yang tahan terhadap suhu panas. Untuk pipa Kelen Green dari Rucika sendiri sudah pasti berstandar SNI dan JIS. Jadi pipa untuk air panas satu ini tidak hanya berstandar nasional tapi juga punya standar keamanan Jepang. Terlebih pipa ini juga sudah punya sertifikat food grade. Artinya pipa aman untuk penghantar makanan cair yang banyak digunakan pada rumah sakit dan produk-produk kesehatan. Jadi tunggu apalagi segera dapatkan pipa untuk saluran air panas Kelen Green dari Rucika yang bisa ditemukan di toko bangunan online maupun offline. Dan coba kunjungi website Rucika di www.rucika.co.id guna memperoleh keterangan lanjutan terkait pipa air panas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *